bintan story

the story in bintan island

Full width home advertisement

Destination the Bintan

Story the Bintan

Post Page Advertisement [Top]

Tanjunguban tampak dari udara. 


Pulau Bintan memiliki sejarah panjang di antara sejarah Melayu. Dulunya pulau ini dikenal dengan nama Bentan. Ada satu gunung yang dikenal dengan nama yang sama, yakni gunung Bentan. Seiring perjalanan waktu, maka pengucapan Bentan menjadi Bintan. Perbedaan penggunaan nama dulu (Bentan) dan kini (Bintan) adalah suatu bukti terdapat kisah dalam dinamika kehidupan di pulau ini.

Dahulu, pulau Bintan hanyalah satu wilayah adminstrasi, namun kini terdapat dua administrasi pemerintahan dalam satu pulau ini, Pemerintah Kabupaten Bintan dan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Tentu perubahan-perubahan itu merupakan hasil dinamika dan dialektika sosial yang menghasilkan kesepakatan-kepakatan baru di antara para aktornya.

Dahulu, Tanjungpinang adalah ibukota provinsi Riau, namun kini dikenal sebagai ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Nama Riau itu juga diambil dan dilekatkan berdasarkan faktor sejarah tentang keriuhan pada sebuah bandar yang tepian sungai Carang. Di bentaran sungai ini pulalah terdapat istana-istana dari setiap raja yang pernah memimpin di Riau.

Kisah-kisah itu, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat yang mendiami pulau ini. Tidak mungkin juga untuk dinafikan di era digital. Melainkan perlu dilestarikan dengan semangat dari jargon “Tak Melayu Hilang di Bumi” menjadi “Tak kan Hliang Kisah Melayu di Dunia Digital”.

Peta Pulau Bintan dari Google Maps
Kisah-kisah tidak hanya terpaut masa lalu dan masa kini. Tidak pula hanya masa lalu, dan lebih-lebih tidak juga hanya masa kini. Dulu dan kini, adalah rangkaian kisah yang tidak akan lepas dari situasi dan kondisi yang mengitarinya.



Bintan Story hanyalah sebuah medium yang didedikasikan untuk penampung kisah-kisah seputar pulau Bintan dan sekitarnya. Baik itu berupa kisah tentang orangnya, kisah tentang lingkungannya, kisah tentang kehidupannyan, dan kisah-kisah lain yang saling bertautan di antaranya.

Bintan Story bukanlan portal yang berisi kisah-kisah serius ala sejarawan dan akademisi. Bintan Story hanya sebuah kumpulan catatan dari para penulisnya berdasarkan bacaan, pendengaran dan pengalaman yang pernah dialami di seputaran pulau Bintan dan sekitarnya. 

Bintan Story mungkin hanya menyajikan dari satu perspektif dari beragam sudut pandang sehingga bagian isinya bukanlah merupakan suatu keberanan mutlak melainkan hanyalah dari satu perspektif saja, yakni perspektif berdasarkan bacaan, pendengaran dan pengalaman oleh para penulisnya.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib